Jumat, 02 Desember 2016

Cara Melacak Smartphone Android Yang Hilang


Mungkin diantra kalian para pengguna perangkat Handphone berbasis Android pernah kehilangan Handphone (smartfone/hp) kesayangannya atau mungkin sekedar teman yang iseng menyembunyikan handphone kalian, atau bahkan kalian lupa menaruhnya mungkin ?. Berikut ini adalah cara mudah untuk Melacak Handphone (smartfone/hp) Android yang hilang atau terselip tersebut hanya dengan berbekal aplikasi bawaan dari android handphone yang kalian punya.

Tips Melacak Handphone Android Yang hilang

Sebelumnya gue akan sedikit memberikan tips dulu langkah awal persiapannya. Untuk cara pertama untuk kalian yang menggunakan Handphone (smartfone/hp) Android harus mengaktifkan fitur dari aplikasi Google setting terlebih dahulu

Langkah pertama setting seperti gambar yang di bawah ini.


Jadi, apabila kalian belum mengaktifkan fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut maka tidaklah mungkin handphone (smartfone/hp) kalian dapat ditemukan. karena di dalam pelacakan sistemnya menggunakan keakuratan lokasi dengan bantuan GPS (Global Positioning System) bagi kalian yang belum tau apa itu GPS bisa kalian baca di artikel berikut. Nah, bagi yang belum kehilangan handphone(smartfone/hp) maka fitur ini wajib diaktifkan untuk mengantisipasi abila suatu saat nanti handphone (smartfone/hp) android kalian hilang ( semoga saja tidak terjadi…amiin ).

Cara mengaktifkan fitur google setting :

  • Bukalah Aplikasi google setting kemudian masuk ke menu : Android Device Manager
  • Centang pilihan ‘Remotely Locate This Device’ kemudian ‘Aallow Remote Lock and factory Reset’
  • Sampai disitu berarti setengah proses sudah selesai.
  • Terakhir kemudian mengaktifkan GPS di android kalian dan sambungan data haruslah ON dan selalu ‘tersambung’ ke internet
Selesai sekarang siap untuk dicoba ( kita coba sembunyikan dan kita remote dari jarak jauh ) untuk memastikan apakah berfungsi atau tidak. karena aku sendiri sudah mencobanya dan sukses.
Untuk mencobanya maka yang harus disiapkan yang pertama adalah alat untuk mencari Handphone tersebut. Bisa melalui Laptop ataupun Smartphone berbasis android bisa pinjaman dari teman. Di bawah ini adalah step by step cara meremot Handphone android yang Hilang tadi.
  • Masuk ke situs berikut ini  — > Klik DISINI
  • Tampilan awal dari situs milik google itu seperti gambar yang di bawah ini

Berikutnya kalian harus masuk ke akun Google yang ada di Handphone yang kalian sengaja hilangkan tadi. Masukkan email dan password google kalian. Akun tersebut ( email ) harus sama dengan akun yang kalian gunakan untuk mendownload aplikasi di Playstore.

Baca Juga : Cara Membuat Foto ala Coldplay Up and Up Dengan Smartphone Android 

Setelah berhhasil masuk berikutnya kalian akan melihat tampilan dalam mode pencarian perangkat kalian. tunggu sampai selesai proses pencariannya. ( Apabila tidak berhasil maka kalian klik tanda GPS seperti gambar yang ada di bawah yang di beri tanda panah )


Apabila kalian sudah berhasil maka akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini, sesuai dengan letak wilayah kalian menyembunyikan Handphone android tersebut. Gambar dibawah ini adalah contoh Handphone android aku yang coba aku cari dan berhasil ketemu.


Gambar diatas, (yang saya lingkari biru dan ada tanda panahnya adalah lokasi tepat di desa tempat Handphone aku. dan tanda panah merah adalah lokasi atau jangkauan area estimasi GPS tempat aku).

Baca Juga : Trik Ampuh Membuka Situs Yang di Blokir Dijamin 100% Berhasil

Ada tiga (3) menu atau fungsi hebat di aplikasi ini yaitu, tombol ‘deringkan’ adalah untuk membunyikan Handphone yang hilang, jangan khawatir bila Handphone kalian dalam kondisi ‘silent’ maka akan tetap berbunyi dengan volume yang maksimal. Kemudian ada tombol Kunci, fungsinya untuk me ‘lock’ (mengunci) Handphone android kalian agar terkunci permanen dan tidak ada yang bisa membuka. dan yang terakhir adalah tombol ‘hapus’ fungsinya menghapus data-data di Hanphone kalian dari jarak jauh, baik itu data gambar, video dan file lain di memory internal maupun eksternal, aman bukan ?

Semoga artikel Tips Melacak Handphone Android Yang Hilang atau terselip tersebut hanya dengan berbekal aplikasi bawaan android dapat membantu kalian, jika artikel ini membantu jangan lupa komen di bawah ya ^_^
Load disqus comments

0 komentar